Layaknya sebuah produk barang/jasa, pariwisata merupakan salah satu
"jualan" negara-negara di dunia untuk meningkatkan pendapatan negara.
Negara-negara di Asia Tenggara pun gencar memasarkan potensi wisata yang
ada di negaranya untuk menarik para turis dari seluruh dunia. Pemasaran
merupakan salah satu faktor penting untuk dapat menyukseskan program
pemerintah untuk mendukung pariwisata sebuah negara. Dan branding
adalah salah satu cara untuk mendukung pemasaran wisata. Hal ini
dilakukan dalam bentuk tagline/slogan dan logo. Berikut slogan wisata
negara-negara ASEAN beserta dengan logonya.
1. Brunei Darussalam - Brunei, The Green Heart of Borneo
Walaupun bukan satu-satunya negara yang bisa mengklaim The Green Heart of Borneo, Brunei mengklaim sebagai negara yang paling terjaga kelestarian hutannya di Pulau Kalimantan. Subslogan A Kingdom of Unexpected of Treasurers
muncul merujuk Brunei sebagai negara kesultanan yang belum banyak
dikunjungi (pada tahun 2009 jumlah turis asing yang berkunjung ke Brunei
masih di bawah 200.000 orang).
2. Cambodia - Cambodia, Kingdom of Wonder
Kamboja menggunakan Angkor Wat sebagai logo pariwisatanya karena memang
selama ini Angkor Wat-lah objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan
dunia. Sekitar satu juta pengunjung datang setiap tahunnya ke Angkor
Wat. Jumlah ini hampir 50% dari seluruh turis asing yang datang ke
Kamboja. Tidak salah jika Angkor Wat menjadi objek pemasaran wisata
Kamboja.3. Indonesia - Indonesia, Wonderful Indonesia
Slogan Wonderful Indonesia baru diperkenalkan awal 2011 menggantikan Visit Indonesia dengan tetap mengusung logo burung garuda warna-warni. Kemenparekraf mengusung 5 kriteria Wonderful Indonesia: Wonderful Nature, Wonderful Culture, Wonderful People, Wonderful Food, Wonderful Value for Money. Bentuk logo mengambil konsep Garuda Pancasila sebagai lambang negara. Branding ini sepertinya sukses mengangkat wisata Indonesia dengan peningkatan jumlah turis asing hampir 10% pada 2011.
4. Laos - Laos, Simply Beautiful
Laos mengusung slogan Simply Beautiful.
Dengan logo bunga Dok Champa atau yang dikenal dengan frangipani. Bunga
ini merupakan bunga nasional Laos yang sering digunakan untuk menyambut
tamu yang hadir atau dekorasi dalam pesta-pesta. Bagi masyarakat Laos,
Dok Champa berarti kebahagiaan dalam hidup dan ketulusan (Joy in life and sincerity). Serta bayangan Wat (Buddhist temple) pada bunga yang menunjukkan simbol religius serta daya tarik wisata Laos.
5. Malaysia - Malaysia, Truly Asia
Malaysia Truly Asia merupakan salah satu branding
slogan pariwisata paling sukses di Asia. Pariwisata menjadi salah satu
sumber pemasukan utama Malaysia. Tak dapat dipungkiri, dengan pemasaran
yang gencar ke seluruh dunia, Malaysia mampu menggaet 24 juta wisatawan
asing dan menjadi yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara. Slogan wisata
Malaysia ini bahkan memperoleh beberapa penghargaan, salah satunya
sebagai ‘Best Long Term Marketing and Branding Campaign Gold Awards’
pada Asian Marketing Effectiveness Awards 2008.
6. Myanmar - Myanmar, Mystical Myanmar
Slogan pariwisata Myanmar adalah Mystical Myanmar.
Slogan ini diusung karena Myanmar merupakan destinasi wisata paling
misterius dan belum banyak dieksplor di seluruh dunia. Untuk logo
sebenarnya tidak dapat menemukan yang official, logo di atas diambil dari header di website resmi pariwisata Myanmar.
7. Philipines - Philipines, It's More Fun in The Philipines
It's More Fun in The Philippines adalah slogan baru yang akan akan digunakan sebagai promosi wisata mulai tahun 2012. Slogan ini menggantikan WOW Philippines yang sudah digunakan sejak 2002. Dengan slogan dan logo yang lebih fresh,
pemerintah Filipina menargetkan kunjungan wisatawan asing di 2012 ini
sebanyak 4,2 juta orang. Slogan ini menuai kontroversi karena Swis
menggunakan slogan yang sama sejak tahun 1951.
8. Singapore - Singapore, Your Singapore
Your Singapore diluncurkan pada 2010 menggantikan brand lama, Uniquely Singapore.
Slogan ini merupakan buah riset antara Singapore Tourism Board dengan
agensi terkait. Logo baru pariwisata Singapura ini sendiri menunjukkan
bentuk negara Singapura dengan warna-warninya. Ada sebuah perdebatan
kecil di media sosial mengenai slogan Your Singapore karena penduduk asli Singapura merasa Singapura menjadi milik siapa saja.9. Thailand - Thailand, Amazing Thailand, Always Amazes You
Slogan Amazing Thailand
merupakan salah satu slogan pariwisata tersukses di dunia. Thailand
menggunakan slogan ini sejak tahun 1997 hingga kemudian diikuti
negara-negara lain di Asia Tenggara. Berkat konsistensinya dalam
memasarkan pariwisata, Thailand menjadi salah satu destinasi wisata
primadona di Asia Tenggara. Subslogan Always Amazes You merupakan penguat slogan utama dan mulai dipakai sejak 2010. Pada 2009, subslogan Thailand adalah Amazing Value karena pada tahun itu dunia sedang diguncang krisis finansial.
10. Vietnam - Vietnam, Timeless Charm
Vietnam Timeless Charm merupakan sogan baru Vietnam menggantikan slogan lamanya, Vietnam The Hidden Charm.
Slogan ini digunakan untuk promosi wisata 2012 hingga 2015. Pada tahun
2011, wisatawan asing yang berkunjung ke Vietnam sebanyak 6 juta dan
ditargetkan pada 2012 mampu menarik 6,5 juta wisatawan asing.
ASEAN Tourism, Southeast Asia, Feel The Warmth
Pada Januari 2012, slogan dan logo pariwisata ASEAN diubah menjadi Southeast Asia, Feel The Warmth (sebelumnya Asia's Perfect 10 Paradise). Branding
baru ini diluncurkan pada pelaksanaan ASEAN Tourism Forum di Manado,
Indonesia. Pada ajang tersebut juga disepakati pembentukan ASEAN Tourism
Market Research Group yang bertugas menganalisis tren pemasaran,
situasi, dan masa depan pariwisata ASEAN.
slogan yang
keren
Posting Komentar