Budaya Asli Indonesia


Sungguh fenomena yang sangat ironis sekali , Bahwa sebuah Negara yang terkenal akan kekayaan Budaya yang sangat menarik dan eksotis  ini harus menerima kenyataan bahwasanya kekayaan Budaya yang seharusnya menjadi simbol identitas kebanggan  suatu bangsa bukannya dijaga dan dilestarikan melainkan malah semakin dilupakan bahkan ditinggakan.
dan itulah yang aku rasakan saat ini,  kebanyakan dari masyarakat atau bahkan mungkin kita sendiri mulai sedikit demi sedikit kurang menghargai budaya yang notabene nya adalah kebudayaan milik kita sendiri, Bangsa Indonesia.
Sebagai contoh kecilnya,  saat  ini banyak sekali kita temui bahwa anak-anak, remaja dan tidak sedikit juga orang tua yang tidak lagi menggunakan bahasa jawa dalam kegiatan interaksi nya sehari-hari. bahkan yang lebih memprihatinkan lagi para Orang tua saat ini lebih suka mengajarkan Bahasa Indonesia kepada anak-anaknya daripada Bahasa jawa (kromo alus, kromo inggil dll). Sebagaimana yang aku kutip dari Alamendah’sBlog Bahwa guru besar ilmu bahasa Universitas Indonesia (UI), Multamia Lauder, (2007) mengatakan sebanyak 713 bahasa derah di Indonesia terancam punah. Bisa jadi malah 10-20 Tahun kedepan bahasa jawa ini tidak digunakan lagi, gara-gara kita yang malu berinteraksi sosial dengan bahasa lokal ini karena dikira kita kuper alias katrok.
Bukan hanya dalam hal Bahasa Adat saja yang mulai dilupakan, namun dalam segi bangunan pun sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Coba saja kita tengok bangunan Rumah adat jawa ( Joglo, Limasan) yang sudah terasa sangat jarang sekali kita temui  saat ini. karena masyarakat lebih menyukai bangunan yang bergaya arsitektur  Eropa daripada bangunan yang   mengandung  warisan seni budaya jawa tersebut.
source image : mading.smklabor.sch.id
Kalau kita mau melihat lebih dalam lagi sebenarnya masih sangat banyak budaya kita yang mulai dilupakan dan ditinggalkan.  Sebagaimana kita yang lebih mengerti dan memahami tontonan TV seperti Spiderman, Batman, Dll daripada tontonan semacam wayang, ludruk, dan ketoprak.
Seharusnya kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki saat ini, Bukankah sudah kita ketahui bersama bahwa tidak sedikit orang barat yang mengagumi Budaya kita  namun kenapa kita malah  banyak yang  meninggalkan budaya kita sendiri  dan malah ikut budaya barat.   padahal  Pada saat lainya orang  barat sweperti kanada, jerman, Polandia, Jepang, Australia banyak yang belajar tentang budaya kita  termasuk diantaranya gamelan jawa dan tembang-tembang jawa.
Saya Sepakat jika Budaya itu harus berkembang sesuai dengan peradaban dan kemajuan teknologi serta harus mengalami proses akulturasi. Namun juga harus diingat bahwa kita bisa menjadi bangsa yang Besar dan berkarakter itu karena warisan Budaya lokal yang kita miliki. So, sudah menjadi kewajiban kita tuk  melindungi dan melestarikan Warisa Budaya kebanggaan kita, dan jangan sampai  Kebudayaan kita diakui Oleh bangsa lain  baru kita mengerti dan memahami akan pentinganya melestarikan Warisan Budaya Bangsa.


EmoticonEmoticon