Bahasa Anak Remaja Sekarang ( 4L4Y )

Assalamualaikum Wr. Wb,
Hey - hey sobat potret , kali ini admin akan membahas tentang BAHASA ANAK REMAJA sekarang, yaitu BAHASA ALAY !! .
Berikut informasinya :

Kata-kata pada gambar di atas  tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan para remaja Indonesia saat ini. Kata-kata yang bergenre seperti itu merupakan kata yang digunakan dalam bahasa alay. Demam bahasa alay ini mewabah hebat  di kalangan remaja, terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya. Anak layangan dapat diartikan bahwa orang yang dibilang alay merupakan “orang kampung” yang disimbolkan dengan anak / orang kampung yang hobinya main layangan. Bahasa alay ini telah mewabah  muncul pertama kalinya sejak ada program SMS (Short Message Service) atau pesan singkat dari layanan operator yang mengenakan tarif per karakter ataupun per SMS yang berfungsi untuk menghemat biaya. Namun, seiring dengan perkembangannya kata-kata dalam bahasa alay tersebut semakin melenceng jauh dari perbendaharaan kosakata bahasa Indonesia yang sesuai EYD . Apalagi kosakata bahasa alay telah merasuki kosakata percakapan di jejaring sosial yang peminatnya mayoritas remaja. Remaja yang menggunakan bahasa tersebut biasanya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Over confident (terlalu percaya diri ) dalam hal fotografi atau lebih dikenal dengan narsis.
  2. Berlebihan dalam segala hal. Misalnya : mengolok-olok teman yang sedang mendekati lawan jenis. Hal ini biasanya dilakukan oleh sekelompok remaja perempuan mayoritas usia SMP dan SMA.
  3. Jika sedang bersama kelompoknya,si remaja perempuan membawa headset untuk mendengarkan berbagai lagu up to date (terkini) melalui berbagai media audio sambil pamer ke kelompoknya. Lalu si remaja tersebut seakan sedang sibuk telpon dan sms dengan pujaan hatinya.
  4. Selalu ingin mengikuti tren yang sekarang tapi terlalu LEBAY (berlebihan).
  5. Memiliki nama akun jejaring sosial yang mengagung-agungkan diri sendiri dan susah di baca,misalnya : xyeavha spotters cheteia, akkuuhh eiiank tag ingind d’cakitihh..
  6. Bahasa komunikasi dalam smsnya biasanya berupa singkatan-singkatan yang hanya di mengerti oleh kaum mereka.
Sesungguhnya demam bahasa alay ini bisa menghambat perkembangan bahasa Indonesia di kalangan remaja karena ternyata masih banyak yang tidak lancar dalam berbahasa Indonesia. 

Berikut adalah orang akibat terserang penyakit alay , wkwkwkwk :p


Bahasa Anak Remaja Sekarang ( 4L4Y ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hafidh Hibatullah

Posting Komentar