Serabi, Pancake Khas Indonesia

Kue serabi dengan kuah gula manis
Serabi (kadang disebut Surabi) merupakan jajanan pasar tradisional yang berasal dari Indonesia, ada dua jenis serabi, yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui diatasnya. Di Bandung, serabi biasa dijajakan di pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kadangkala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan keatas adonan surabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping seperti sosis, keju, maupun mayones yang tujuannya untuk mematahkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan rendahan. Tempat yang menyajikan serabi dengan berbagai variasi rasa tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bogor.
 
KULINER Eropa boleh saja memiliki pancake sebagai camilan khas. Indonesia juga tidak mau kalah dengan menciptakan kue serupa, yakni serabi.

“Negara lain boleh punya pancake, di Indonesia juga punya, yaitu serabi,” ujar Chef Kelana kepada okezone di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta Utara, belum lama ini.

Serabi dan pancake memang berbeda rasa, tetapi menggunakan bahan dasar yang sama. Bila pancake banyak memakai susu dan tepung terigu, serabi lebih banyak memakai tepung beras dan dan santan. Dan bila aroma susu kuat tercium di pancake, serabi justru punya aroma santan dan pandan. Pandan juga biasa dimanfaatkan untuk pewarna serabi.

“Kue serabi didominasi gula jawa atau gula aren dan santan. Itu kekuatan yang bikin kue serabi enak. Serabi hijau dikasih warna dari daun pandan, kreativitas dari pembuatnya saja,” tutupnya. (ftr)
 
Sumber : htttp://wikipedia.org/
                 http://okefood.com/
 


Serabi, Pancake Khas Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hafidh Hibatullah

Posting Komentar