Menara Jakarta

Pembangunan Menara Jakarta Dilanjutkan Juli 2012

Pembangunan Menara Jakarta yang tertunda, akan dimulai kembali pertengahan 2012. Proyek Menara ICT (Information and Communication Technololgy) ini merupakan yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 558 m.  
“Sudah ada investor besar yang punya nama dan kredibilitas dari luar negeri yang siap memulai pembangunan pertengahan 2012. Tapi karena masih dalam tahap akhir negosiasi, kami mohon maaf belum bisa menyebutkan namanya,” jelas Heru Winanto, Direktur PT Prasada Japa Pamudja (PJP) yang ditemui di kantornya, Senin, 9 Januari. 
Selama ini, lanjut Heru, pihaknya bukan tidak mengerjakan apa-apa melainkan sedang melakukan negosiasi dengan pihak investor. “Istilahnya kami sedang menjalankan software,” tegasnya. Lebih lanjut Heru menyatakan bahwa dana yang dibutuhkan untuk membangun proyek tersebut mencapai Rp 5 triliun dan ditargetkan mulai operasional pada tahun 2016. 
Seperti diberitakan situs ini pada 4 Oktober 2011 lalu, PJP akan melanjutkan pembangunan dengan menggandeng beberapa pihak, antara lain grup pemilik Senayan City, grup Kompas-Gramedia, dan sebuah perusahaan multiinternasional dari Korea Selatan yang belum bisa disebutkan identitasnya. 
Menurut jadwal baru yang telah disusun PJP, pembangunan lanjutan Menara Jakarta  akan bisa dimulai pada awal 2012 dan diperkirakan baru akan terwujud bangunan fisiknya pada 2015. Hal ini dianggap terlambat oleh Hendardji Soepandji, Dirut PPKK. 
Hendardji, yang mulai memantau pembangunan Menara Jakarta sejak dilantik sebagai Dirut PPKK pada awal Oktober 2010, menilai jadwal baru pembangunan proyek tersebut tidak sesuai dengan semangat akselerasi pembangunan nasional. 
“Saya ingin minggu depan pembangunan lanjutan fondasi dan basement sudah dimulai lagi, dan menara sudah selesai Juli 2014. Jangan menunggu sampai pemerintahan sekarang selesai,” tambah Hendardji.  
Pembangunan Menara Jakarta berawal dari gagasan Presiden Soeharto pada tahun 1997, dimaksudkan sebagai lambang kebesaran bangsa Indonesia. Pada waktu itu menara yang akan dibangun menjulang setinggi 558 meter tersebut diharapkan akan akan menjadi menara tertinggi di Asia. 
Tapi krisis moneter pada 1998 membuyarkan gagasan itu menjadi kenyataan. Semua calon investor, di antaranya TVRI dan Telkom, mengundurkan diri. Enam tahun kemudian proyek dengan perkiraan biaya pembangunan sebesar Rp 3 triliun itu dimulai kembali, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Mensesneg Bambang Kesowo dan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso pada April 2004.
Setelah berjalan hampir tujuh tahun dan telah menghabiskan dana tak kurang dari Rp 300 milyar pembangunan menara yang terletak di kawasan Kemayoran tersebut sementara terhenti lagi pada November 2010.

Menara Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hafidh Hibatullah

Posting Komentar